Pakis

Ingat jaman purba ? haha.. lewat film atau buku-buku tentunya. Ada tanaman yang ujung daunnya meliuk melingkar. Di sini juga ada. Banyak malah. Pakis, tanaman yang bisa jadi sayur di atas wajan. Ya, ada banyak pakis yang tumbuh di sela-sela pohon sawit. Jangan terkecoh dengan pakis ukuran besar ya, karena jenis itu tidak untuk dikonsumsi. Saya pernah mencari pakis di sela-sela pohon sawit. Ternyata ibu-ibu lain pun biasa demikian. Petik ujungnya yang masih muda sebanyak yang diinginkan. Kalau dimasak, pakis akan mengempis meski saat dipanen tampak banyak sekali.

Ibu-ibu di sini biasa memasak pakis dengan ditumis saja, disertai bunga pepaya. Jangan lupa bunga pepayanya direbus dulu dengan garam untuk mengurangi pahitnya. Kadang pakis juga dimasak kapurung (direbus), tapi kalau tidak masak benar, akan menghasilkan after taste yang buruk di lidah. Rasanya ada getah-getah yang tertinggal.

Menurut teman, makan pakis baik untuk pencernaan. Kalau kau susah BAB, silakan makan pakis. Tapi kata teman lainnya, jangan makan pakis kalau badan sedang linu-linu, nanti akan menambah linu. Belum tahu kajian lebih dalam tentang ini sih. Yang pasti, pengalaman memetik daun pakis di sela-sela pohon sawit nan besar jadi pengalaman yang menyenangkan karena tidak bisa dilakukan di kota. Mm… lalu dari mana pakis yang dijual di Jogja itu ya ?

 

Tumis pakis

Bahan :

–          Pakis, potong daunnya

–          Bunga pepaya, rebus dengan garam, sisihkan

Bumbu :

–          Bawang merah

–          Bawang putih

–          Cabe merah

–          Cabe rawit (sesuai selera)

–          Daun salam

–          Lengkuas

–          Ebi/rese

–          Garam

–          Gula merah

Cara memasak :

–          Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabe

–          Tumis bumbu hingga harum, masukkan bumbu lain, bunga pepaya rebus, dan pakis. Tambahkan air sedikit, aduk rata, masak hingga matang. Sajikan hangat.

tunas pakis yang aman dikonsumsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s