Balada gusi

Sakiiiit………………………….

gusiku sakit……………………………………sakit banget……………………hikhikhikhik……………..

aku sedih………………sakit…………………………Ya Allah, semoga tidak terjadi hal-hal buruk pada diriku…….I will have a long trip next Friday, and then next Sunday.. I must be healthy… I should be fit………………….Ya Allah……..please help me to fix thissssss……….

……………………………oaaaaaaaaaaaaaaaaaa………………………………..it’s hurt!

Do you know ?

God give us teeth..

Tuhan menciptakan dan memberikan gigi..

Ada gigi susu yang akan tanggal di masa kanak-kanak dan akan berganti dengan gigi tetap

Ada gigi geraham belakang yang akan muncul saat  gusi sudah melekat erat…

Dan, 4 gigi geraham belakangku tumbuh miring, mendesak gigi lainnya… bahkan ada yang mencuat miring ke permukaan, membuat nasi terbenam di sana…

Meski gigi seri, taring, dll tumbuh rapi, tapi ternyata geraham belakangku bermasalah… mungkin ini juga penyebab seringnya aku migren, atau masuk angin yang berujung pada migren.

Setahun yang lalu, ya aku ingat, setahun yang lalu, dokter gigi bedah mulut mengoperasi 2 geraham belakangku.. kau tahu rasanya, kawan ? sakit sekali…..

Tahun ini, setelah memberi suasana migren pada training panjang yang kuikuti, kusadari ternyata aku perlu menyerahkan nasib gusi dan geraham belakangku pada dokter bedah mulut lagi.. yah… seminggu ini aku kesakitan atas gusiku yang dibedah…kau mau tahu prosesnya ?

Pertama, dokter gigi memastikan kondisi gigi dengan rontgen gigi semulut..

Kedua, mulailah saat yang mendebarkan itu… 15 menit terasa lama… dokter menyuntikkan mati rasa di gusimu, menunggu hingga bibir mati rasa….lalu ia bekerja dengan alat yang bunyinya……desiiiiiingg………….bahkan mendengar suaranya pun terasa ngilu…………ngiiiiiiiiiiiiingggggggggg………………… uthak uthik …..uthak uthik………. kau pasti berharap agar gigi geraham belakangmu itu segera bisa tercabut………………

Dan jika sudah, sang dokter akan menjahitnya dengan benang……..

Setelahnya kau akan menemukan darah keluar bersama liurmu, dan itu tidak bisa kau kontrol…..oh………..

Beresi administrasi , segera tebus obat, dan pulaang…….ya, berbaringlah………….istirahatlah…………….

Asin asin darah akan terasa, kulumlah………..biarkan dia menyembuhkan lukamu…………..minumlah air dingin,  makan yang dingin dalam 1 – 2 hari setelah operasi………..

Bibirmu akan sulit membuka…………bahkan untuk makan pun harus dipaksa…..ada antibiotik yang musti kauhabiskan, ada obat penahan nyeri dan obat anti bengkak yang akan meredakan malam-malammu, membuatmu bisa tertidur meski sesungguhnya celah itu belum sembuh benar……

Oh gigi dan gusiku…………….aku menanti 1 minggu untuk kontrol dokter. Untuk mengambil benang jahit di gusiku. Untuk memastikan bahwa operasi geraham belakang ini berjalan dengan baik. …………2 hari ini, aku merasa, tiap bangun tidur, gusiku seperti habis dibelah, oh sakitnya…………… tadi, pertama kalinya aku membuka mulut agak lebar, berkaca, dan melihat bagaimana kondisi gusiku…………….kulihat ada celah…………oh tidak!! Apakah jahitan itu belum tertutup rapi ? apakah aku harus melalui jahit menjahit lagi esok hari ? Tuhan, tolong aku…………… semoga tidak ada masalah besar dalam gusiku……..2 hari ke depan aku akan melakukan perjalanan panjang, dengan si burung besi, melalui 2 kali transit, menuju bandara ibu kota propinsi di bumi maleo…………oh………….aku belum bisa membayangkan keadaanku nanti…………… selanjutnya, aku masih melalui jalan panjang, membelah pulau sulawesi dengan jalan darat, 10 jam perjalanan minimal……………. I should be fit enough to pass this journey…………. Tuhan, semoga gusiku baik-baik saja………. sembuhkanlah, berilah kesehatan dan keselamatan, agar rencana perjalanan ini dapat terlaksana…..hamba mohon……………..

Yogya, 4th of July 2012

Leave a Reply

