jangan putus asa

Wa laa taiaasu mirrauhillah….
Ud u ni astajib lakum
Fa bi ayyi ala i rabbi kuma tukadzziban?
Fa inna ma al usri yusra, inna ma al usri yusra

Pertanyaan dan pernyataan untuk meneguhkan dan mengingatkan kita, manusia agar tak lekas putus asa dalam hidup..secara pernyataan, mudah saja,tapi saat menjalani, masih banyak tahapan yang ditempuh.

Rasa galau muncul saat pengharapan kita tak kunjung terkabul..apakah sudah cukup doamu? Apakah sudah banyak sedekahmu? Apakah sudah maksimal usahamu? Apakah keberadaanmu membawa manfaat? Apakah kesedihan dan kemuraman muncul dari auramu?

Manusia berharap, berencana, namun Tuhan yang menentukan. Kata Tuhan, kenikmatan itu diwujudkan dalam bentuk yang menurutNya lebih tepat untukmu saat ini..nikmat sehat, bahagia, kecukupan, dan lainnya, yang kau bahkan tidak tahu kapan itu diangkat…

Tapi, apakah apologi itu merupakan perlindungan bagimu sendiri, untuk menentramkan diri? sebagai alibi bahwa kau tidak cukup berusaha dan berupaya mewujudkan harapan dan impianmu?

Subhanallah..kesabaran dan keikhlasan itu terus diuji, dan diuji..karena Tuhan menguji manusia dengan ujian yang dia mampu menghadapinya…bagaikan ada rel-rel imajiner yang berseliweran tempat manusia berjalan menuju satu tempat, yang tak kan tahu kapan rudal terlontar, atau batu lempar, atau kerusakan rel, atau mesin yang rusak..jalur itu akan dilalui manusia, menuju Tuhan kembali..bukankah dunia ini sejatinya perjalanan manusia menuju Tuhannya?

Berusahalah melakukan dan membagi kebaikan pada orang-orang di sekitarmu..berbaik sangkalah pada Tuhan…perbanyaklah ibadah, doa dengan takut dan penuh harap, agar Tuhan tahu bagaimana kau mengharap..Dan berusahalah semaksimal mungkin secara teknis agar kereta itu terus meluncur di atas rel dengan laju..ikhlas dan bersabarlah agar semuanya dilalui dengan bahagia….sebagai proses yang meneguhkan ikatan antar hamba, sebagai kekuatan yang mengikat manusia dengan Tuhannya..

Subhanallah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s