Survey : Paling Sulit vs Paling Mudah

Sebagai evaluasi pembelajaran, saya bikin survey terbuka untuk anak-anak kelas 5 dan 6. Tujuannya untuk mencari tahu pendapat siswa tentang pelajaran. Mau tau hasilnya ? Theng theng theng…

Ternyata oh ternyata, mereka berpendapat kalau materi yang paling sulit di pelajaran bahasa inggris adalah denah, membaca jam, posisi, anggota badan, dan surat.
Sementara itu, materi pelajaran yang paling mudah adalah angka, vegetable-fruit, conversation alias praktek percakapan, perkenalan, dan anggota badan. Knock knock.. Hm..let’s check it out!

DIFFICULT
# Denah..
Boleh dibilang ini materi yang komplet. Kita belajar mengenal lingkungan  dengan membuat denah dari rumah ke sekolah. Nggak main-main, denahnya digambar di kertas, lalu bangunan/tempat digambar sesuka mereka dan dicari istilah bahasa inggrisnya. Misalnya nih, bank, market, church, animal health care aka puskesmas hewan, street, alley, Indry’s home dan tentunya my home.

Anak-anak juga menuliskan arah jalannya dan arah mata angin. Denah pun dihias warna-warni. Nah di sini kelihatan sekali usaha dan kreativitas anak-anak. Mau tak mau mereka belajar memvisualiasikan ke dalam gambar dan mencari istilahnya di kamus..nah jadi beli kamus di pasar, kan 😉. Biasanya anak-anak akan bertanya pada guru dan tentu saja dibantu.
“Kalau Lorong rusa, apa bu?”
“Kalau bengkel?”
Dan rentetan pertanyaan lainnya. Pantas kalau ini jadi aktivitas tersulit.

# Membaca jam
Materi ini ada kaitannya dengan PM/AM dan half, quarter, past dan to… Memang materi ini agak rumit. Anak-anak belajar membaca jam berbahasa indonesia dulu, membaca angka inggris, plus pake ‘past/to.’ Komplet. Kami belajar di perpustakaan waktu itu karena ruang kelas dipakai. Lumayan ruang terbatas dan riuh. Plus terbalik antara PM dan AM nya yang jadi modal untuk bilang greeting : good morning atau good evening ya ? 😴tambah mumet anak-anakku..

# Posisi : beside, behind, on, in, in front of, etc. Posisi ini dipelajari dengan mempraktekkan langsung, misalnya : Siti duduk beside Rahmi. Nah kalau keluar di ujian, saya taruh gambar ruangan dan kasur, kursi, meja, dll. Anak-anak menentukan misalnya ‘the chair is -in front of- the table.’ Mungkin karena kurang hafal jadi tema posisi ini masuk top five tersulit.

# Surat. Sebetulnya tema surat adalah materi tematik. Artinya lewat surat ini, kita mengaplikasikan materi introduction yang sudah ada sebelumnya. Kok bisa?
Iya… jadi ceritanya, anak-anak dapat surat dari teman yang tinggal di West Java.. (kita kan tinggal di west sulawesi ya😊). Tentu ada panduan translate sama-sama dan  soal panduan tentang isi surat (5w1h). Pertemuan selanjutnya pun, kita mencoba membalas surat, tentu berbahasa inggris.  Kalau ini ada panduan dari ‘student identity form’ yang pernah dibuat anak-anak  sebelumnya. Komplet kan 😆. Tapi hasilnya bagus lho…saya suka..saya suka…

EASY
Sebaliknya, pelajaran yang paling mudah adalah angka, vegetable-fruit, conversation alias praktek percakapan, perkenalan, dan anggota badan.

#Angka
Membaca angka dimulai dengan tes masuk kelas. Anak-anak membaca angka dari flash card berbahasa inggris. Yang belum benar membaca angka, ostosmastis masuk kelas terakhir.😄 Dan ini diulang terus berkali-kali.

Varian untuk angka ada matematika english, yakni hitung menghitung soal cerita namun angkanya berbahasa inggris. Ini cocok untuk angka puluhan, ratusan, dan ribuan. Yang senang matematika, jadi tertantang membaca angka english. Lumayan lah..

#Vegetable-fruit
Mungkin ini mudah karena dekat dengan makanan sehari-hari dan anak-anak mengenal sedikit demi sedikit buah buahan berbahasa inggris.

#Percakapan alias conversation
Ini surprise buat saya karena conversation dianggap materi yang mudah.. Yihaa! Sukses…sukses… Sederhana kok.. kita belajar percakapan ringan, misalnya tentang ingin makan (antara ibu-anak), mau beli makanan (antara pembeli-penjual). Nah setelah diberi contoh, siswa berpasangan bikin percakapan sendiri dan praktek di depan kelas. Mereka kreatif lho, bukan hanya seperti contoh tapi bisa bikin varian baru. Semua dapat giliran dan teks itu saya periksa. So proud with you, guys ! Anak-anak itu pede bercakap bahasa inggris di depan kelas 😊.

#Perkenalan alias introduction
Ini juga suprise buat saya karena perkenalan berbahasa inggris dianggap materi yang mudah. Jadi, guru membagi student identity form yang berisi identitas anak, hobi, alamat, cita-cita, makanan kesukaan, dll. Seperti biasa, form itu dihias secantik-cantiknya. Lalu satu per satu siswa maju ke depan kelas dan memperkenalkan diri memakai bahasa inggris.

==Halo..
==My name is Maya.
## Hai Maya ! (Tanggapan teman-teman. Biasanya anak akan tersipu-sipu).
Dan dilanjutkan perkenalan tentang dirinya..
Ini materi yang sangat padat. Alhamdulillah kalau termasuk materi termudah..😆

#Anggota Badan
Materi anggota badan ini muncul di top 5 tersulit dan termudah. Nah bingung kan.. berarti ada yang menganggap ini sangat sulit dan sangat mudah. Baiklah. Mengenal anggota badan dilakukan dengan lagu dan gerak serta menggambar badan berkelompok dengan petunjuk berbahasa inggris.

Well then, itu tadi hasil survey pelajaran bahasa inggris untuk siswa kelas 5 dan 6 di SD tercinta di Mamuju Utara. Semoga bisa jadi bahan pembelajaran bersama tentang metode pembelajaran. Materi bisa sama, tapi yang penting mengkreasi metode yang tepat dan mengawalnya. Anak di daerah tidak kalah hebat dengan anak kota kok. Tinggal bagaimana pintarnya guru mengarahkan dan menyemangatinya untuk belajar. Tentu saja ada dukungan dari orang tua dan keluarga di rumah. Chaiyyo !

***

20170314_182617

Surat bikinan Aiv, kelas 5. Hebat, bukan 😃

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s