Seperti Apa sih Pelajaran yang Kausuka?

Last But Not Least,
“Nak, pelajaran bahasa inggris yang bagaimanakah yang kausuka?”
Pertanyaan ini muncul untuk menjaring tanggapan siswa tentang metode pembelajaran yang disuka. So kita lanjutkan survey selanjutnya…masih di kelas 5 SD.

Jawab : “Banyak lagunya, praktek percakapan, nonton film, banyak diberi tugas, dan banyak pr. “😊

Oke..mari kita telaah lagi….

#Banyak lagu
Lagu sederhana berbahasa inggris ternyata disukai anak-anak. Mungkin tidak terasa kalau menyanyi = menghafal pelajaran ya. Tentu lagu ini harus diulang-ulang. Dan alhamdulillah kalau lagu ini nyantol di kepala anak-anak. Yang belum kesampaian adalah merekam semua lagu itu dengan suara anak-anak.😢. What a pity…
Misalnya ini lagu tersimpel dan selalu digunakan kelas 4,5, dan 6 :

I am aku, you are kamu, we are artinya kita 2x
He is, she is artinya dia. They are jadi mereka.2x

Lagunya dinyanyikan dengan nada Naik-Naik ke Puncak Gunung dan saat menyebut I atau She, kita sambil menunjuk orang pakai tangan.

#Praktek percakapan..ini sudah terbahas di catatan sebelumnya ya

#Nonton film
Film apa sih? Film animasi berbahasa inggris. Film ini ditoñton menggunakan  laptop dan speaker. Kebayang kan riuhnya itu. Speaker mini, laptop kecil, kelas besar, ada 24 siswa. Hahaha.. Tapi ada panduan pertanyaan tentang isi film. Jadi siswa musti cari tahu tentang film itu, bukan asal menonton. Eh, mereka suka lho.

Misalnya saja ada pertanyaan : Sebutkan jenis hewan yang ada di film Kungfu Panda ( bahasa inggris) !
Atau apa kelebihan Dragon Warriors ?
Nah pertanyaan panduan ini akan membantu siswa memahami isi cerita.

Salah seorang siswa bahkan melakukan effort lebih. Dia cari film tsb di internet dan ditonton ulang di rumah. Dicari betul percakapan-percakapannya. Tentu dia melakukannya dengan bantuan orang tua. Ini dilakukan siswa kelas 5 di SD pelosok lho, bukan di kota..  Saya sungguh  mengapresiasi usahanya. 😊

#Banyak Tugas #Banyak PR
Haha..suka ya dikasih tugas.. Saya agak strik untuk ini karena nilai tugas dan PR  dimasukkan ke daftar nilai dan diperhitungkan di nilai akhir raport. Nah walau ujiannya bagus tapi tugas dan PR  nya bolong, maka nilai akhir kurang bagus jadinya. Daftar nilai riil ini saya jembreng dan diserahkan ke wali kelas untuk bahan raport. Paling susah kalau itu anak nggak kerjakan tugas dan PR 😢. What should i do to you, nak…

So tentang pelajaran yang ideal itu saya harap bisa jadi alternatif referensi untuk  bapak dan ibu guru (ini versi siswa kelas 5 ).
Saya harap 2 tahun ini sedikitnya ada impact perubahan pola pikir bahwa belajar bahasa inggris itu bisa menyenangkan dan mudah. Modal bahwa anak menyenangi suatu pelajaran itu penting. Guru lah yang harus rajin bereksplorasi dan berkreasi. School is fun yau…. ☺

DSC_8782

 

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s